Breaking News
Cool Blue Outer Glow Pointer

Thursday, December 17, 2015

Dasar membuat game dengan UNITY part 1

UserPrefs

Pendahuluan

Salah satu fitur yang sering dijumpai dalam game adalah highscore. Highscore ini harus disimpan dalam database supaya bisa dibandingkan dengan skor pemain sebelumnya. Cara paling sederhana untuk menyimpan database seperti ini adalah menggunakan UserPrefs.

Praktikum

Nah, kali ini kita akan mencoba UserPrefs dengan membuat load highscore sederhana.

Buat project baru

Buat project baru. Beri nama DBProject dan setting menggunakan proyek 2D.
Penggunaan 2D hanya untuk kemudahan tutorial ini saja. Kamu boleh menggunakan 3D juga kok.
Screen Shot 2015-03-09 at 10.21.53 PM

Buat GameObject

Buat GameObject baru, kemudian beri nama DBController.
Screen Shot 2015-03-09 at 10.45.07 PM
Buat empty GameObject

Screen Shot 2015-03-09 at 10.45.46 PM
Beri nama menjadi DBController

Beri komponen Script

Pilih GameObject DBController, kemudian beri komponen script dengan nama DBScript menggunakan bahasa C#.
Screen Shot 2015-03-09 at 10.50.00 PM

Kemudian masukkan script ini di DBScript
Mari kita perhatikan satu persatu.
  1. PlayerPrefs.GetInt digunakan untuk mendapatkan data bertipe integer dengan key data “HighScore.” Ada banyak jenis get seperti string, float, dan sebagainya. Detailnya bisa kamu lihat di dokumentasi dari Unity tentang PlayerPrefs.
  2. PlayerPrefs.SetInt mengganti data dengan key data “HighScore” menjadi data baru yang telah kita tambahkan.
Key yang digunakan dalam script ini adalah “HighScore.” Kamu bisa menggantinya dengan nama lain. Misalnya “HighScore-1” atau “HighScoreBudi” dan sebagainya.

Test play

Coba tekan play dan lihat hasilnya di Console. Di saat pertama akan ditampilkan angka 0 seperti ini:
Screen Shot 2015-03-09 at 10.59.02 PMKemudian coba stop game dan tekan lagi tombol play. Console akan menghasilkan keluaran berikut:
Screen Shot 2015-03-09 at 10.59.28 PM
Lihat! Angkanya bertambah!

Kesimpulan

Secara sederhana itulah cara menggunakan PlayerPrefs. Kamu bisa membuat penggunaan UserPrefs sedikit lebih kompleks hanya dengan menggunakan key yang unik, atau bahkan menyimpan array dalam PlayerPrefs

No comments:

Designed By Arsyad Tanaka