UserPrefs
Pendahuluan
Salah satu fitur yang sering dijumpai dalam game adalah highscore. Highscore ini harus disimpan dalam database supaya bisa dibandingkan dengan skor pemain sebelumnya. Cara paling sederhana untuk menyimpan database seperti ini adalah menggunakan UserPrefs.Praktikum
Nah, kali ini kita akan mencoba UserPrefs dengan membuat load highscore sederhana.Buat project baru
Buat project baru. Beri nama DBProject dan setting menggunakan proyek 2D.Penggunaan 2D hanya untuk kemudahan tutorial ini saja. Kamu boleh menggunakan 3D juga kok.
Buat GameObject
Buat GameObject baru, kemudian beri nama DBController.Beri komponen Script
Pilih GameObject DBController, kemudian beri komponen script dengan nama DBScript menggunakan bahasa C#.Kemudian masukkan script ini di DBScript
- PlayerPrefs.GetInt digunakan untuk mendapatkan data bertipe integer dengan key data “HighScore.” Ada banyak jenis get seperti string, float, dan sebagainya. Detailnya bisa kamu lihat di dokumentasi dari Unity tentang PlayerPrefs.
- PlayerPrefs.SetInt mengganti data dengan key data “HighScore” menjadi data baru yang telah kita tambahkan.
Test play
Coba tekan play dan lihat hasilnya di Console. Di saat pertama akan ditampilkan angka 0 seperti ini:Lihat! Angkanya bertambah!
No comments:
Post a Comment